PARANG ULM

Pusat Kajian Anti Korupsi dan Good Governance Universitas Lambung Mangkurat

Melawan Korupsi dalam Dunia Pendidikan

Korupsi merupakan sesuatu tindakan yang dapat merusak tatanan kehidupan masyarakat sebuah bangsa. Korupsi adalah sesuatu yang potensial menjadikan masa depan negara menjadi suram.

Korupsi di negara ini telah memasuki berbagai bidang dalam pemerintahan birokrasi, swasta, hukum politik, dan tidak terkecuali pada bidang pendidikan. Korupsi saat ini seperti penyakit tumor ganas yang telah menggerogoti tubuh manusia, sehingga korupsi menjadi ancaman eksisteni dari negara Indonesia.

Dunia pendidikan merupakan salah satu bidang yang memiliki porsi penganggaran yang cukup besar dari APBN dan APBD di negeri ini yakni 20 persen. Ketentuan ini merujuk amanat dari Undang-undang Dasar (UUD) tahun 1945. Karenanya, hal itu memungkinkan orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan kecurangan seperti melakukan tindak pidana korupsi.

Merujuk data yang dirilis oleh Indonesian Corruption Watch (ICW), korupsi yang paling banyak terjadi yakni justru di tubuh dunia pendidikan. Anggaran pendidikan mencapai Rp 424 triliun, sebuah nilai yang cukup besar.

Pada dunia pendidikan, terdapat sejumlah modus korupsi. Jumlahnya sekitar 12 modus praktik tindak korupsi. Di antaranya modus suap pada proses pemilihan rektor di perguruan tinggi. Lalu korupsi pada proses pengadaan barang di lembaga pendidikan. Kemudian, persoalan pungutan liar di lembaga pendidikan dan masalah-masalah yang lainnya.

Kurun waktu lima tahun terakhir, korupsi di bidang pendidikan sangat pontensial terjadi. Hal itu juga terlihat dari hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terhadap laporan keuangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Tersebutkan, masih banyaknya penyimpangan terhadap pengelolaan dana alokasi khusus (DAK) dan dana bantuan operasional sekolah (BOS).

Itulah penggalan opini Reja Fahlevi (dosen dan peneliti Pusat Kajian Anti Korupsi dan Good Governance
ULM Banjarmasin) terkait korupsi di lembaga pendidikan.

Artikel ini telah tayang di banjarmasinpost.co.id dengan judul Melawan Korupsi dalam Dunia Pendidikan, http://banjarmasin.tribunnews.com/2017/03/03/melawan-korupsi-dalam-dunia-pendidikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *