PARANG ULM

Pusat Kajian Anti Korupsi dan Good Governance Universitas Lambung Mangkurat

DPRD Provinsi Kalsel Akan Studi Komparasi ke Luar Negeri, Ini Komentar Pengamat Tata Negara

Rencana studi komparasi para Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) ke luar negeri menjadi topik hangat beberapa waktu belakangan.

Peneliti Pusat Kajian Anti Korupsi dan Good Governance Universitas Lambung Mangkurat (ULM), M Erfa Redhani pun angkat bicara.

Ia menilai walaupun memang memiliki landasan hukum dan diperbolehkan, namun para Anggota Dewan harus memperhatikan beberapa hal sebelum mengambil keputusan untuk laksanakan kunjungan kerja ke luar negeri yaitu aspek urgensi dan transparansi. Dilihat dari sisi waktu pelaksanaan yaitu di tahun penghujung masa jabatan yang menyisakan beberapa bulan ini, Erfa berpendapat harus ada urgensi yang relevan atas studi komparasi ke luar negeri tersebut. Apakah manfaat dan hasil dari studi komparasi ke luar negeri tersebut bisa bermanfaat efektif untuk kinerja DPRD di sisa masa jabatannya.

“Misal kalau hasilnya bisa bermanfaat untuk tingkatkan kompetensi Dewan terkait penyusunan Raperda yang bisa diselesaikan di sisa masa jabatan, tentu tidak masalah. Tapi kalau tidak, tentu jadi pertanyaan,” kata Erfa.

Hal ini menurutnya penting karena belum tentu seluruh Anggota DPRD yang berangkat kembali duduk sebagai wakil rakyat di lembaga Legislasi di Provinsi Kalsel. Selain itu, transparansi dan keterbukaan terkait studi komparasi menurutnya juga sebaiknya lebih ditingkatkan tak hanya soal besaran anggaran dan tujuan, tetapi juga implikasinya terhadap daerah.

“Hasil dan manfaat nyata dari studi komparasi baik dalam maupun luar negeri sebaiknya dijelaskan ke publik supaya tidak muncul tanda tanya apalagi kecurigaan masyarakat,” kata Erfa yang juga merupakan Direktur Eksekutif Institut Demokrasi dan Pemerintahan Daerah.

Artikel ini telah tayang di banjarmasinpost.co.id dengan judul DPRD Provinsi Kalsel Akan Studi Komparasi ke Luar Negeri, Ini Komentar Pengamat Tata Negara, http://banjarmasin.tribunnews.com/2019/02/15/dprd-provinsi-kalsel-akan-studi-komparasi-ke-luar-negeri-ini-komentar-pengamat-tata-negara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *